Manfaat luar biasa ketika minum kopi

MediaBengkah.com -  Sedulur bengkah pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman satu ini, Kopi.. ya..Kopi adalah minuman yang berwarna hitam pekat namun mempunyai cita rasa yang berbeda dengan minuman minuman lainnya. kopi biasa kalo di daerah lubang buaya, condet, cililitan dan seluruh daerah lainnya yang ada di Jakarta kita meminumnya sambil makan pisang dan aneka macam gorengan.
Dan kopi seiring waktu berjalan mulai banyak jenisnya dari rasanya, ada yang di campur dengan susu jadilah kopi susu, dan ada kopi yang dimix dengan susu dan coklat serta macam-macamnya.



Namun dari macam macam kopi kita harus tau asal muasal kopi dan khasiatnya,
Dikisahkan, setelah Syekh Ali Bin Umar as-Syadziliy diangkat menjadi wali Quthb di zamannya, masyarakat ketika itu sering mengalami mushibah dan gangguan keamanan akibat gangguan jin dan manusia. Sehingga pada suatu hari beliau bertemu dengan al-Khidhir dan al-Khidhir memberikan dua batang ranting puun al-Bun dan berkata;

"Wahai Ali Bin Umar, tanamlah puun ini nanti satu saat bebuah masaklah buahnya, maka kau akan selamat dari segala kejahatan jin dan manusia."
Penemu kopi tersebut, berbeda dengan Imam Abul Hasan as-Syadziliy pendiri Thoriqoh Syadziliyah (wafat tahun 656 Hijriyah) sebagaimana banyak disinyalir banyak informasi yang beredar di internet.
Penisbahan nama as-Syadziliy lantaran beliau pernah 3 tahun belajar di Mesir dan mengambil baiat Thoriqoh as-Syadziliyah. Dan beliaulah orang pertama yang menyebarkan Thariqoh As-syadziliyah di Yaman.
Sedangkan menurut Imam Najmuddin al-Ghazziy Seorang pakar sejarah mencatatkan dalam kitab al-Kawakib as-Sairah Fi A'yan al-Miah al-A'syirah:
" Bahwa Orang yang pertama kali menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai minuman berkhasiat adalah syekh Abi Bakr Bin Abdullah al-Aidrus beliau bikin racikan kopi dari buah pohon Bun.
Dr al-Qabbaniy menyebutkan, pada awalnya kopi sudah dikenal di wilayah Habasyah (ethiofia) Afrika kemudian dibawa ke Yaman, Brazil dan Pulau Jawa Indonesia.
Terjadi diskusi panjang tentang hukum mengkonsumsi kopi, ada kelompok ulama yang mengharamkan di antaranya imam Ahmad as-Sunbathiy, Imam Ibn Sulthan al-Hanafiy dan lain-lain. Tetapi mayoritas ulama menghalalkannya. Hanya saja ada orang-orang yang punya penyakit tertentu dilarang minum kopi lantaran dapat membahayakan kesehatannya.
Pada suatu hari Sidi Ahmad Mahmud mendatangi rumah seorang wali Quthb bernama Sidi Al Arabiy Bin Saih rahimahullah tokoh besar dalam thoriqoh tijaniyah yang juga merupakan guru beliau. Beliau disuguhkan kopi Bun, padahal beliau tidak pernah ngopi lantaran hukumnya masih diperdebatkan di kalangan ahli fiqh. Sidi al-Arabiy Bin Saih rahimahullah mengetahui hal itu dan berkata dalam sebuah syair:


ﺇﻏﻨﻢ ﺃﺧﻲ ﻗﻬﻮﺗﻨﺎ ﻭﺷﺮﺑﻬﺎ ﻭﻟﻮﻧﻬﺎ
ﻭﻻ ﺗﻤﻞ ﻟﻌﺎﺫﻝ ﻋﻦ ﺷﺮﺑﻬﺎ ﻭﻟﻮ ﻧﻬﻰ

Bersenang-senanglah wahai saudaraku dengan kopi kami saat meminumnya dan cita rasanya. Jangan kau cendrung pendapat orang yang mencela peminum kopi sekalipun ia melarangnya .
Beliau pun sepontanitas menjawab dengan syair:
ﻧﻌﻢ ﻧﻌﻢ ﻳﺎ ﻣﻦ ﻋﻼ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﻙ ﻭﺍﻟﺴﻬﺎ
Iya, iya wahai orang yang punya reputasi tinggi di atas bintang Simak dan Suha.
Imam Abdul Ghoni bin Ismail an-Nabulsiy (wafat tahun 1143 Hijriyah) mengatakan kehalalan kopi melalui dua bait syairnya :
ﻗﻬﻮﺓ ﺍﻟﺒﻦ ﺣﻼﻝ * ﻗﺪ ﻧﻬﻰ ﺍﻟﻨﺎﻫﻮﻥ ﻋﻨﻬﺎ
ﻛﻴﻒ ﺗُﺪﻋﻰ ﺑﺤﺮﺍﻡ * ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺷﺮﺏ ﻣﻨﻬـــــﺎ
" Biji kopi itu halal, sungguh mereka para pelarang telah melarangnya
Bagaimana bisa mereka menyatakan hal itu haram sedangkan aku meminumnya”
Syekh Ali Bin umar as-Syadziliy rahimahullah membuat gubahan syair tentang kopi:

ﻗَﻬْﻮَﺓُ ﺍﻟْﺒُﻦِّ ﻳَﺎ ﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟْﻐَﺮَﺍﻡْ * ﺳَﺎﻋَﺪَﺗْﻨِﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﺮْﺩِ ﺍﻟْﻤَﻨَﺎﻡْ
ﻭَ ﺃَﻋَﺎﻧَﺘْﻨِﻲْ ﺑِﻌَﻮْﻥِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﻠﻰ * ﻃَﺎﻋَﺔِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻢُ ﻧِﻴَﺎﻡْ
ﻗَﺎﻓُﻬَﺎ ﺍﻟْﻘُﻮْﺕُ ﻭَ ﺍﻟْﻬَﺎﺀُ ﺍﻟْﻬُﺪَﻯ * ﻭَﺍﻭُﻫَﺎ ﺍﻟْﻮُﺩُّ ﻭَ ﺍﻟْﻬَﺎﺀُ ﻫِﻴَﺎﻡْ
ﻻَ ﺗَﻠُﻮْﻣُﻮْﻧِﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﺷُﺮْﺑِﻲْ ﻟَﻬَﺎ * ﺇِﻧَّﻬَﺎ ﺷُﺮْﺏُ ﺳَﺎﺩَﺍﺕٍ ﻛِﺮَﺍﻡٍ

Wahai orang-orang yang asyik dalam cinta sejati dengan-Nya, kopi membantuku mengusir kantuk. Dengan pertolongan Alloh, kopi menggiatkanku taat beribadah kepada-Nya di kala orang-orang sedang terlelap. [Qahwah (kopi)], qaf adalah quut (makanan), ha adalah hudaa (petunjuk), wawu adalah wud (cinta), dan ha adalah hiyam (pengusir kantuk). Janganlah kau mencelaku karena aku minum kopi, sebab kopi adalah minuman orang_orang yang mulia.
Suatu ketika as-Sayyid Ahmad bin Ali Bahr al-Qadimi jumpa dengan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam keadaan terjaga. Ia berkata kepada Nabi.:
“Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu secara langsung tanpa perantara.”
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab: “Aku akan memberikan kepadamu 3 hadits:

Pertama; " Selama bau biji kopi Bun masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula malaikat akan beristighfar (memintakan ampun) untuknya."
Kedua; Siapa saja yang membawa Subhah (tasbeh) dia akan dicatat sebagai orang yang berdzikir baik ia sedang gunakan berdzikir atau tidak."
Ketiga:" Siapa saja yang menziarahi seorang wali baik yang masih hidup atau yang telah wafat, maka dirinya mendapat keutamaan pahala orang yang beribadah di setiap sudut bumi sampai dirinya terpotong-potong."
Al-Habib Abu Bakr Bin Abdullah al-Atthas berkata; Tempat kosong yang tidak ada penghuninya sangat disukai oleh jin, sedangkan yang sering dijadikan tempat ngopi jin tidak betah berada di situ.
Diriwayatkan bahwa ada seorang ulama bernama Sayyid Ahmad Alawiy Bajahdab yang terkenal dengan sebutan Wali ngopi, karena beliau jarang sekali makan makanan pokok beserta lauk pauk berupa daging, ikan, madu dan lain-lain. Yang sehari~hari beliau konsumsi hanya minum susu. Minum kopi sudah menjadi wiridan harian beliau dan bila beliau berpuasa cukup sahur dan berbuka dengan kurma dan kopi manis. Pantes dach, kalau beliau kepangku julukan Wali Ngopi.
Keutamaan minum kopi sangat banyak baik buat lelaki maupun wanita. Di antaranya minum kopi 4 gelas kecil sehari dapat mengobati kanker rahim.
Adapun dzikir yang dianjurkan oleh para ulama sebelum minum kopi selain membaca Bismillah dan sholawat adalah membaca Ya Qowiyyu 116 kali. Lantaran lafazh ( ﺍﻟﻘﻬﻮﺓ ) dalam hitungan hasabul jumal kabir berjumlah 116, cocok dengan bilangan hasabul jumal asmaul husna ( ﺍﻟﻘﻮﻱ ) dengan minum kopi ngambil berkah nama Allah al-Qowiy Yang Maha Kuat agar menjadi kuat beribadah dan beraktivitas.
Kebiasaan ulama sadah alawiyin (Habaib dari Hadramaut Yaman) sebelum minum kopi mereka membaca tartibul fatihah milik al-Habib Ahmad Bin Ahmad al-Muhdhar rahimahullah sebagai berikut;

ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻟﻤﺸﺎﻳﺦ ﺍﻟﻘﻬﻮﺓ ﺍﻟﺒﻨﻴﺔ ﻭﺍﻟﺴﺎﺩﺓ ﺍﻟﻌﻠﻮﻳﺔ ﻭﺍﻟﺼﻮﻓﻴﺔ ﻭﻛﻞ ﻭﻟﻲ ﻭﻭﻟﻴﺔ ﻭﻣﻦ ﺷﺮﺑﻬﺎ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺼﻠﺢ ﺍﻟﻄﻮﻳﺔ ﻭﻳﻘﻀﻲ ﺍﻟﺤﻮﺍﺋﺞ ﺍﻟﺪﻳﻨﻴﺔ ﻭﺍﻟﺪﻧﻴﻮﻳﺔ ﺑﺠﺎﻩ ﺧﻴﺮ ﺍﻟﺒﺮﻳﺔ ﺍﻥ ﻳﺴﻬﻞ ﺍﻟﺒﻨﻴﻦ ﻭﺍﻟﻌﻮﻳﻦ ﻭﻳﻘﻀﻲ ﻋﻨﺎ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﻳﺼﻠﺢ ﺫﺍﺕ ﺍﻟﺒﻴﻦ ﺑﺠﺎﻩ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﻭﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ﻭﻋﻤﺮﺍﻥ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﺼﻴﻦ ﻭﺧﺪﻳﺠﺔ ﺯﻭﺟﺔ ﺳﻴﺪ ﺍﻟﻜﻮﻧﻴﻦ ﻭﺍﻟﻠﻰ ﺣﻀﺮﺓ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ

Sanad Muttashil kepada Imam Abu Bakr Bin Abdullah al-Aidrus Radhiyallahu anhu, alFaqir riwayatkan sebagai berikut:

ﻓﻬﻤﻲ ﺗﻤﺎﺭﻱ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺎﺝ ﺭﺯﻗﻲ ﺫﻭ ﺍﻟﻘﺮﻧﻴﻦ ﺃﺻﻤﺖ ﺍﻟﺒﺘﺎﻭﻱ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻤﺴﻨﺪ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﻜﺘﺎﻧﻲ ﻋﻦ ﻭﺍﻟﺪﻩ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻣﺤﻤﺪ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺤﻲ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ﺍﻟﻜﺘﺎﻧﻲ ﺍﻟﺤﺴﻨﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻌﻤﺮ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺻﺎﻓﻲ ﺍﻟﺠﻔﺮﻱ ﺍﻟﻤﺪﻧﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻃﺎﻫﺮ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﻋﻦ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺍﻟﻬﻨﺪﻭﺍﻧﻲ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺑﻜﺮ ﺍﻟﺸﻠﻲ ﺑﺎﻋﻠﻮﻱ ﺻﺎﺣﺐ " ﺍﻟﻤﺸﺮﻉ ﺍﻟﺮﻭﻱ " ﻭﻫﻮ ﻋﻦ ﻭﺍﻟﺪﻩ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺑﻲ ﺑﻜﺮ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﻋﻦ ﺷﻴﺨﻪ ﺍﻟﻌﺎﺭﻑ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻴﺪﺭﻭﺱ ﻋﻦ ﺻﻨﻮﻩ ﻭﺷﻴﺨﻪ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﻋﻦ ﻭﺍﻟﺪﻩ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻌﺎﺭﻑ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺃﺑﻲ ﺑﻜﺮ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻴﺪﺭﻭﺱ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ .
Demikianlah paparan tentang asal muasal kopi dan khasiatnya, sekarang anda bisa menikmati kopi dengan sanad yang bersambung sampai kepada pertama pembuat kopi selamat menikmati...
By : Habib Muchsin Alattas

BBC ( Blogger Bengkah Community )

Belum ada Komentar untuk "Manfaat luar biasa ketika minum kopi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel